Kamis, 02 September 2010

HOTSPOT



Teknologi komputer yang semakin hari semakin kian cepat perkembangannya, kini telah mempermudah kita dalam mengakses informasi yang seluas-luasnya. Dengan didukung internet sebagai sarana untuk mendapatkan informasi tersebut, maka semakin mudah pula kita berbagi pengetahuan dengan dengan dunia luar. Berbagai penyedia akses internet telah beroperasi bahkan pedesaan dengan kecepatan bandwidth yang semakin tinggi dan harga yang terjangkau. Penggunaan pita frekwensi 2,4 GHz yang digunakan sebagai media pertukaran data semakin memudahkan kita dalam berbagi koneksi internet tersebut.
Adapun definisi dari Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter. (id.wikipedia.org)
Tingginya animo masyarakat --khususnya di kalangan komunitas Internet-- menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor. Pertama, kemudahan akses. Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
Konsekuensinya, pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat hotspot. ( ROHMAN, S.Pd.).

1 komentar:

  1. salam lampung makin jaya,

    free download lagu lampung

    http://lagulampung.blogspot.com/

    BalasHapus